Sunday, June 29, 2008

Pusat Informasi Obat Nasional

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang farmasi yang sangat pesat telah menghasilkan berbagai produk terapetik/obat inovasi baru yang di satu sisi memberikan kontribusi signifikan dalam perbaikan pelayanan kesehatan, namun di lain pihak dapat menimbulkan efek yang tidak diinginkan apabila digunakan tidak tepat atau berlebihan. Informasi obat yang mencakup cara pemakaian, dosis, indikasi, dan efek samping menjadi sangat penting dalam menetukan keberhasilan dari suatu terapi pengobatan.

Sudah menjadi rahasia umum, banyak apotek di Indonesia yang belum memberikan pelayan informasi obat yang optimal kepada pasien selaku konsumen. Keberadaan lembaga yang dapat memberikan informasi obat kepada konsumen menjadi hal yang penting dalam perbaikan pelayanan kesehatan.

Pusat Informasi Obat Nasional Badan POM (PIO Nas) mulai di'launch' pada Juni 2005. Layanan yang diberikan mencakup pemberian informasi dan konsultasi obat untuk semua kalangan baik masyarakat awam maupun profesional kesehatan (seperti dokter, apoteker, perawat) dan juga mahasiswa.

Fasilitas yang dimiliki PIO Nas antara lain data 'approved labelling' semua obat/suplemen makanan/obat tradisional yang disetujui beredar di Indonesia, literatur/pustaka yang terus di'update' agar memenuhi syarat keterkiniannya, dalam bentuk buku, CD atau jurnal serta akses internet untuk mendapat informasi yang obyektif, valid dan terkini.

Dengan adanya lembaga ini, diharapkan informasi obat dapat diakses dengan mudah oleh pasien, sehingga tingkat keberhasilan dalam terapi pengobatan akan semakin baik.

Jadi jika anda membutuhkan informasi mengenai obat, jangan ragu untuk menghubungi PIO Nas Badan POM. Telp/Fax : 021 - 4259945/42889117 Email : informasi@pom.go.id

Selamat mencoba.

1 comment:

Anonymous said...

Good
maju teruss PIO Nas..